PUSPA JAYA GROUP

PUSPA JAYA GROUP
WEB

Senin, 10 Januari 2011

Tips Kolam Renang

Oleh: Poerwanto

Kali ini penulis akan menjelaskan beberapa tips cara membuat kolam renang di tanah berkontur atau tebing, ini di sebabkan karena tidak ada lokasi tanah yang rata dan beberapa alasan yang lain mungkin area yang strategis memang di tanah yang berkontur (miring). Memang dengan lokasi di tanah tebing akan  memerlukan biaya yang tidak sedikit tentunya.
Dengan banyaknya konsultan atau kontraktor, Anda bisa berkonsultasi dari segi keamananya, bisa bisa kalau di lakukan dengan asal asalan akan berakibat fatal dan beresiko untuk konstruksi kolam renangnya.

Langkah awal sebelum di gali adalah dengan memilih area tanah asli dan usahakan jangan tanah urugan, sebab dengan tanah yang labil akan menyebabkan konstruksi kolam suatu saat akan turun dan bisa jadi konstruksi beton akan patah dan menyebabkan air kolam renang akan berkurang bahkan kering. Sebab sering saya jumpai dilapangan yang kolam renang bocor salah satunya adalah penempatan kolam renang di area tanah urugan.Toh kalau memang terpaksa di area tanah urugan usahakan tidak banyak. Dengan perbandingan 25% tanah urugan : 75% tanah asli, dengan begitu konstruksi kolam renang masih di bilang aman. Dan setelah di lakukan penggalian maka sebelum dilakukan pekerjaan selanjutnya, maka pada bagian tanah urugan harus dilakukan pemadatan biar lebih aman, dan bila perlu di kasih pondasi beton pada bagian tanah uruganya. Biar lebih aman lagi pada bagian tanah yang bawah atau bagian tanah yang miring di kasih  pasangan batu kali, fungsinya sebagai penahan beban tanah dan sekaligus bisa sebagai perkerasan di samping kolam kalau memang di fungsikan sebagai Plaza samping kolam renang.
Dengan begitu anda yang ingin merencanakan membangun kolam renang di area tanah yang miring tentunya tips ini akan bermanfaat untuk di terapkan.
Selamat mencoba
, Semoga bermanfaat!
Foto: PJG/ Erny Yusmarnita/0812 191 4649
Lokasi: Rumah milik Keluarga Bp.Adi Warsito, Puncak, Bogor-Jawa Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar